Pages

8/8/11

Tips Perawatan Kuku

cara-merawat-kuku

  • Kekuatan dan kelembaban kuku
 Setiap orang memiliki kuku yang berbeda. Beberapa memiliki kuku yang rapuh dan mudah patah tapi ada juga kuku yang kuat. Apabila sering terkena detergen, sabun dan ering berada di ruangan AC maka kuku akan semakin rapuh. Cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan pelembab  ke kuku Anda agar menjadi lebih kuat.
  • Membersihkan kuku
Kuku yang bersih akan terlihat cantik. Rendam kuku dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Rendamlah kaki dan tangan selama kurang lebih 15 menit. Maka kulit di sekitar kuku akan menjadi lunak dan mudah dibersihkan, khususnya di daerah pinggiran kuku yang sering kotor.
  • Potong kuku
Kuku yang terlalu panjang tidak terlihat rapi dan terawat. Dan juga dapat memudahkan masuknya kotoran dan kuman penyakit yang ikut terbawa ke dalam tubuh pada saat makan. Potonglah kuku minimal seminggu sekali. Tapi jangan potong terlalu pendek karena dapat menyebabkan luka. Potonglah kuku dengan menggunakan gunting kuku yang tajam sehingga tidak perlu memotong berulang-ulang dan jangan tarik kuku bila belum terpotong sempurna. Menarik kuku dapat melukai jari dan menyebabkan kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui luka lebih mudah.
  • Jangan melakukan pekerjaan berat dengan kuku
Selain  kuku dapat rusak, daerah sekitar kuku  dapat terluka apabila menggosok dan membuka benda-benda keras dengan menggunakan kuku. Apabila memungkinkan pakailah sarung tangan apabila melakukan pekerjaan berat seperti mencuci piring, memeras kain pel, mencuci pakaian. Karena kuku dapat cepat rusak apabila terlalu sering terkena sabun dan air panas.
  • Stop menggigit kuku
Kebiasaan menggigit kuku atau mengorek kuku dengan kuku lain dapat merusak penampilan kuku. Selain kuku menjadi pendek dan tidak cantik, dapat menyebabkan luka pada jari.
Percantik dan perkuat kuku alami
Susu atau makanan yang mengandung kalsium dapat memperkuat kuku dari dalam. Minum banyak air putih agar kuku tetap lembab dab tidak kering.
  • Gunakan cat kuku
Dengan menggunakan cat kuku maka penampilan kuku akan menjadi cantik dan menarik. Tetapi menggunakan cat kuku atau pun penghapus kuku (nail polish remover) yang tidak berkualitas akan membuat kuku menjadi berwarna kuning, juga dapat menghilangkan kilap kuku dan membuatnya menjadi kering. Tips agar kuku tetap cantik meskipun menggunakan nail polish atau kuteks : Setelah pewarnaan utk beberapa lama biarkan sebentar kuku beristirahat dengan tidak diwarnai. Dan ketika menggunakan acetone atau nail polih remover, sebaiknya jangan digosok tetapi diusap sekali atau dua kali. Semakin sedikit kuku digosok maka akan dapat mencegah kuku berwarna kusam.

Artikel lainnya  : Tips Mewarnai Rambut di Rumah

No comments: